banner image

9 Khasiat Luar Biasa Jeruk Nipis bagi Kesehatan Tubuh

BAGI Anda yang pecinta asam, mungkin Anda menyukai Jeruk Nipis. Namun jangan sekedar menyukai, tahukah Anda bahwa jeruk nipis itu baik untuk kesehatan?



Jeruk Nipis adalah sumber antioksidan dan vitamin yang baik. Jeruk Nipis mengandung vitamin A, B, C dan D, kalsium, kalium, dan magnesium. Anda juga dapat menggunakan jeruk nipis sebagai bahan masakan atau memerasnya menjadi air minum. Simak 9 manfaat dari jeruk nipis bagi kesehatan Anda.

1. Jeruk nipis meningkatkan kekebalan tubuh

Satu buah jeruk nipis ternyata mengandung 32% vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari, dan vitamin C yang cukup sangat penting untuk meningkatkan kekebalan imun tubuh Anda. Menurut penelitian, mendapatkan cukup vitamin C setiap hari dapat membantu mencegah diare, malaria, pneumonia, dan juga infeksi saluran pernapasan.

2. Jeruk nipis dapat menurunkan berat badan

Apakah Anda sedang ingin menurunkan berat badan? Meminum perasan air jeruk nipis setiap hari rupanya dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Dalam senbuah studi, para peneliti menyimpulkan bahwa polifenol pada buah jeruk, seperti kapur, dapat membantu Anda mengurangi lemak perut, berat badan, dan mengecilkan lingkar pinggang. Tapi, jeruk nipis saja tidak akan membantu Anda mengurangi berat badan. Anda tetap harus menjaga pola makan yang sehat dan berolahraga secara teratur.

3. Jeruk nipis dapat membuat Anda terlihat awet muda

Tahukah Anda bahwa vitamin C membantu dalam produksi kolagen? Vitamin C tersebut akan membantu Anda tetap awet muda, karena kolagen membuat kulit Anda tetap muda. Antioksidan dalam jeruk nipis juga membantu melawan radikal bebas yang mempercepat penuaan.

Baca juga: 6 Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan, Salah Satunya Remajakan Kulit

4. Jeruk nipis dapat meningkatkan kesehatan jantung

Penelitian menunjukkan bahwa air jeruk nipis dapat membantu mengurangi penumpukkan plak di dinding arteri. Jeruk nipis juga mengandung kalium dan magnesium yang penting untuk kesehatan jantung Anda.

5. Jeruk nipis dapat mencegah dehidrasi

Banyak orang tidak minum cukup air setiap harinya karena rasanya yang hambar. Jika Anda juga tidak meminum cukup air setiap harinya, cobalah untuk memeras jeruk nipis dan campurkan pada air minum anda sehingga air minum anda tidak lagi terasa hambar.

6. Jeruk nipis dapat membantu mengobati asma

Meskipun tidak semua penelitian setuju bahwa vitamin C membantu mengobati asma, beberapa menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang cukup dapat membantu mengurangi gejala asma. Penelitian lain menunjukkan bahwa vitamin C mengurangi infeksi pernapasan.

7. Jeruk nipis dapat membantu melawan kanker

Fitokimia dalam kapur dapat membantu melawan kanker. Menurut penelitian, beberapa senyawa yang ditemukan dalam jeruk nipis dapat memblokir pertumbuhan kanker usus besar sebanyak 67% hanya dalam 72 jam. Para peneliti juga berspekulasi bahwa sifat antioksidan yang kuat pada jeruk nipis dapat membantu melawan jenis kanker lainnya.


8. Jeruk nipis membantu melawan diabetes

American Diabetes Association merekomendasikan jeruk nipis kepada para penderita diabetes. Alasannya karena jeruk nipis mengandung serat yang membantu mencegah lonjakan gula darah dalam tubuh. Jeruk nipis juga memberi penderita diabetes potasium dan vitamin C.

9. Jeruk nipis membantu mencegah batu ginjal

Air jeruk nipis mengandung asam sitrat yang meningkatkan volume urin dan sitrat kemih. Dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa minum air jeruk nipis selama 4 tahun membantu mengurangi pembentukan batu ginjal pada pasien, dari 1 batu per tahun hingga 0,13 per tahun.

Namun hati-hati, jeruk nipis dapat menyebabkan GERD (Gastroesophageal Reflux Disorder) karena keasamannya. Hentikan meminum jeruk nipis jika Anda melihat gejala GERD pada diri Anda seperti muntah, mual, dan nyeri pada ulu hati. Selain itu, jeruk nipis juga dapat menimbulkan masalah gigi karena kandungan asamnya yang tinggi. Minum air jeruk nipis dengan jerami akan membantu melindungi gigi Anda. Demikian seperti dilansir Okezone dari Greenliving, Senin (20/8/2018).

sumber : 9 Khasiat Luar Biasa Jeruk Nipis bagi Kesehatan Tubuh
9 Khasiat Luar Biasa Jeruk Nipis bagi Kesehatan Tubuh 9 Khasiat Luar Biasa Jeruk Nipis bagi Kesehatan Tubuh Reviewed by Neng Nina on 09.32 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.